Login

Informasi

Pastikan sebelumnya Anda telah terdaftar, jika pengguna baru silahkan hubungi Tim Apamed.

Register Now

Lost Password

Lost your password? Please enter your username and email address. You will receive a link to create a new password via email.

Hepatitis B

Idealnya, vaksin Hepatitis B harus diberikankurang dari 12 jam setelah kelahiran si Kecil. Namun, apabila ia belum pernah mendapatkanvaksin ini, Mum tidak perlu khawatir karena vaksin ini masih bisa diberikan direntang umur 1-2 tahun

Polio

Vaksinasi polio dilakukan pada siKecil secara berkala, yaitu pada saat lahir serta usia 2, 4, 6, dan 18 bulan. Vaksin ini dapatmelindungi si Kecil dari bahaya virus polio yang menyerang sistem kerja ototpada balita. Mengingat virus polio mudah tersebar melalui air dan sanitasi yangkurang baik, Mum bisa membantu si Kecil terhindar dari penyakit ini denganmemerhatikan kebersihan lingkungan, serta memberikan asupan anak 1 tahun yang bergizi untuk meningkatkankekebalan tubuhnya.

Diphtheria, Pertussis, and Tetanus

Sesuai namanya, vaksin DPT dapatmelindungi si Kecil dari penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Vaksin inidisarankan untuk diberikan pada si Kecil pada usia 2, 4, 6, dan 15-18 bulan, sertausia 4-6 tahun

Haemophilus influenzae type b

Vaksin Hib merupakan salah satupencegahan terhadap virus Haemophilusinfluenzae tipe b yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, sepertimeningistis, pneumonia, dan epiglottitis. Vaksin ini sebaiknya diberikan ketikasi Kecil berusia 2, 4, dan 6 bulan. Namun ketika usianya memasuki 12-15 bulan,vaksin Hib harus diberikan lagi pada si Kecil dengan dosis yang berbeda.Fungsinya adalah untuk memperkuat vaksin Hib yang pernah diberikan sebelumnya.

Mumps, Measles, and Rubella

Vaksin MMR sebaiknya diberikan pada siKecil ketika berusia 12-15 bulan. Vaksinasi ini berguna untuk melindungi siKecil dari serangan penyakit campak yang sangat mudah menular melalui kontaklangsung. Untuk memaksimalkan sistem daya tahan tubuhnya, lakukan vaksinasi inisatu bulan sebelum atau setelah vaksinasi lainnya ya, Mum. Bantu juga si Kecil terhindardari penyakit ini dengan memberikan susu anak 1 tahun secara rutin.

Influenza

Penyakit Influenza merupakan penyakityang mudah ditularkan melalui udara dan kontak langsung dengan penderitanya. [DA7] Mengingat kini si Kecil mulai seringberinteraksi dengan teman sebayanya, bukan tidak mungkin ia bisa tertularpenyakit ini saat bermain. Guna mencegahnya, si Kecil disarankan untuk menerimavaksin influenza setiap satu tahun sekali setelah ia berusia enam bulan.

Varicella

Vaksinasi varicella penting dilakukanagar si Kecil terhindar dari penyakit cacar air. Penyakit ini sangat mudah menular,terutama jika si Kecil memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Agarterhindar dari cacar air, si Kecil harus menerima vaksin varicella setelahberusia satu tahun. Selain itu, perhatikan juga asupan nutrisi si Kecil ya, Mum, supayasistem imunnya bisa bekerja dengan lebih optimal.

Vaksin Pneumococcal Konjugasi (PCV)

Vaksin ini dikenal sebagai PCV13 (nama merek Prevnar), melindungi terhadap 13 jenis Streptococcus pneumoniae, yang merupakan bakteri yang dapat menyebabkan segala macam penyakit termasuk meningitis, pneumonia, infeksi telinga, infeksi darah, dan bahkan kematian. Vaksin ini diberikan sebanyak empat kali pada anak usia 2, 4, 6, dan 12 sampai 15 bulan untuk melindungi anak dari kuman yang dikenal sebagai bakteri pneumokokus. Efek samping yang paling umum dari pemberian vaksin ini adalah mengantuk, bengkak di tempat suntikan, demam ringan, dan mudah emosi.

d

dddd